Sabtu, 28 Februari 2009

Mencegah atau Mengobati?

3 hari yang lalu saya sakit. demam plus flu. aduh aduh aduh rasanya sengsara. nelangsa. tersiksa. 5L. Lemas. Letih. Lesu. Lelah. Lunglai. sumpah yang ini saya ga boong dan ga lebay. di skolah badan saya panas dan saya lemes. pas break saya langsung ke clinic skul. dikasi panadol dan di suruh tidur. mantap kan? hehe. saya tidur kira-kira 1 jam lah. pas bangun panas saya dah turun tapi masih flu. hehe. ya iyalah, yang dikasih suster kan obat penurun panas, bukan flu? hehe. keesokan harinya, ternyata badan saya masih panas. akhirnya saya ga masuk skolah dh. oh asiknya di rumah. tak perlu bangun pagi. saya tidur sampe siang. pas bangun makan bubur ayam buatan mami saya. panas dan mengepul. nyam nyam nyam. terasa cinta di setiap suapannya. haha.

besoknya saya masuk sekolah. udah ga panas lagi. ya iyalah, seandainya saya panas pun saya akan tetap masuk soalnya ada art and dance compettition di sekolah saya dan saya ga maw ketinggalan dunk. hehe. yang kayak gitu mah kudu nonton. kan asik ga blajar. hehe. ternyata oh ternyata, kalo saya boleh jujur, competition kemaren sangat-sangatlah membosankan. ga ada gregetnya. apa mungkin karena kelas saya ga ikut yah? haha. iya nih soalnya udah maw UN. saya deg-degan juga. saya di skolah udah ngerjain beberapa soal-soal latihan. dan itu semua gampang dan ga susah-susah amat, TAPI MEMBINGUNGKAN! kata guru inggris saya, TRICKY! coba aja kalo ga percaya,tanya salah satu teman kamu yang akan UN! aduh, ko saya jadi ngelantur yah?

yah balik lagi soal sakit, sebenernya cerita saya nih sepele dan pasti sering dialami oleh teman-teman sekalian. saya sadar sekarang ini cuacanya lagi membingungkan. musim pancaroba gitu deh. sebentar panas,sebentar ujan,sebentar panas,sebentar ujan,sebentar panas,sebentar ujan. sapa yang ga tepar? makanya kita harus melakukan pencegahan,misalnya dengan minum vitamin,makan buah-buahan setiap hari.trus rajin berolahraga dan banyak minum,makan makanan bergizi. kan ada tuh orang bilang an apple a day keeps the doctor away. aduh,saya ko jadi kayak dokter yah?haha. tapi, coba deh kalian pikir, enakan mencegah atau mengobati? kalo mengobati,kan mesti sakit dulu,dan sakit itu jelas-jelas ga enak. sapa si yang pengen sakit? makanya ayo kita jaga kesehatan kita sekarang. hanya sedikit orang yang sadar bahwa KESEHATAN MERUPAKAN HARTA YANG TAK TERNILAI. kalo udah sakit, baru deh sadar, kenapa ya saya ga jaga badan saya? kenapa ya dari kemaren saya makan goreng-gorengan mulu? kenapa ya saya jarang minum? dan banyak kenapa-kenapa lainnya. seperti saya. saya pun berpikir begitu. makanya saya crita kayak gini biar yang lain belajar dari pengalaman saya. kata orang, orang bijaksana belajar dari kesalahan orang lain, orang bodoh belajar dari pengalamannya sendiri. loh, berarti saya bodoh dong? ya iyalah, saya juga nyadar ko. kalo udah pintar mah,saya ga usah sekolah. hehe.

2 komentar: