Senin, 20 April 2009

BAIK vs BENAR

sesuatu yang baik belum tentu benar, tapi sesuatu yang benar pasti mendatangkan kebaikan. kadang kita menganggap apa yang kita lakukan adalah hal yang baik, padahal belum tentu benar. percaya ga? ni contohnya..

Cerita
KASUS 1
Suatu hari saya pengen pergi bareng temen-temen saya. saya pengen pinjem baju baru kakak saya. tu baju cakep banget dah. dari dia pertama kali beli trus nunjukin ke saya, saya langsung naksir sir sir berat rat rat. pada hari itu dia lagi ga da di rumah. ya udah saya ambil aja trus pake deh. kan ntar pas da pulang ke rumah tinggal bilang tadi minjem? ya ga? hehe.
akhirnya pergilah saya dengan baju cakep itu. tapi siapa yang menyangka baju cakep itu ketumpahan es krim coklat? mana belepotan lagi. saya yakin 1000% tu baju biar dicuci noda es krim nya ga bakal ilang. akhirnya saya pulang ke rumah dengan wajah lesu. ga da gairah. ga da semangat. saya menyerah kalah. siap dimarahin.
wow! wow! wow! ternyata kakak saya yang galak itu ga da di rumah! ya uda bajunya saya umpetin aja. hehe. baik kan? dia ga bakal tambah keriput karna marah-marah dan saya ga bakal mengkerut karna dimarahin. hehe.

KASUS 2
adik saya punya pr matematika. saya tau banget dia lemah di bidang itu. suatu hari yang cerah sepulang sekolah, dia nyamperin saya. ci,gimana si yang ini? saya ajarin dah caranya. trus dia ga bisa-bisa juga. saya jadi cape. saya yang ga bisa ngajarin atau dia yang IQ-nya jongkok? akhirnya saya kasi tau jawabannya.
sejak saat itu, kalo ada pr mat, dia jadi males bikin. dia nanya jawabannya sama saya mulu. saya tau dia jadi mulai ngelunjak. dikasi ati minta jantung. tapi saya sadar itu salah saya,saya yang duluan kasi angin. berarti mesti saya yang ajarin. akhirnya saya marah-marahin dia sampe nangis. mungkin sekilas seperti kakak kejam-jahat-sok pintar-sok jago-sok kuasa. tapi percaya ga, saya lakuin itu demi kebaikan dia, supaya dia usaha sendiri.

Akhir Cerita
KASUS 1
tu baju emang bisa saya umpetin selama beberapa hari. suatu hari kakak saya nanyain tentang tu baju. saya ga bisa ngelak lagi. akhirnya saya ngaku juga. cepat atau lambat dimarahin juga. ternyata cuma masalah waktu. akhirnya saya sadar, yang saya lakukan memang baik, tapi tidak benar. akhirnya pun saya minta maaf.

KASUS 2
sejak dimarahin sampe nangis-nangis, adik saya berubah. jadi lebih mandiri. dia selalu bikin PR sendiri. kadang masi suka nanya saya. itu kalo dia benar-benar ga bisa dan nanya cara, bukan jawaban. akhirnya saya sadar, yang saya lakukan memang ga baik, tapi benar.pada akhirnya yang saya lakukan malah mendatangkan kebaikan.

Nah, udah tau bedanya kan? jujur saya akui, ngemeng mah gampang, tapi praktek belum tentu. saya pun berusaha untuk melakukan hal yang benar, ga cuma baik doang. saya ga bilang saya ni perfect, saya pun masih banyak kesalahan jadi ayo kita sama-sama belajar melakukan hal yang benar sekaligus baik.PEACE!

PS: kasus di atas tidak benar-benar terjadi. itu karangan saya. hahahaahaa.

Everybody, have a nice day and GBU always!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar